Senin, 27 Oktober 2014

SUPERVISI

supervisi adalah penglihatan dari atas. pengertian itu merupakan arti kiasan yang menggambarkan suatu posisi dimana yang melihat berkedudukan lebih tinggi daripada yang dilihat. hal ini dapat diartikan bahwa kegiatan supervisi oleh atasan terhadap bawahan, misalnya disekolah supervisi dilakukan oleh kepala sekolah terhadap para guru yang mengajar disekolah tersebut.
kegiatan supervisi pendidikan antara lain berfungsi untuk mengkoordinasi semua usaha sekolah, melengkapi kepemimpinan sekolah, memperluas pengalaman guru-guru, menstimulasi usaha-usaha yang kreatif, memberikan fasilitas dan penilaian yang terus menerus, menganalisis situasi belajar dan mengajar, memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada setiap anggota staf, mengintegrasi tujuan pendidikan dan membantu meningkatkan kemampuan guru-guru dalam mengajar.
supervisi pendidikan mempunyai tujuan yang konkret yaitu membantu guru melihat dengan jelas tujuan-tujuan pendidikan, membantu guru dalam membimbing pengalaman belajar murid, membantu guru dalam menggunakan alat pengejaran modern,  metode-metode dan sumber-sumber pengelaman belajar, membantu guru dalam menilai kemajuan murid-murid dan hasil pekerjaan guru itu sendiri, membantu guru-guru baru di sekolah sehingga mereka merasa gembira dengan tugas yang diperolehnya, membantu guru-guru agar waktu dan tenaganya tercurahkan sepenuhnya dalam pembinaan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar