Selasa, 02 Desember 2014

Manfaat Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan berbagai teknik motivasi untuk membuat pembelajaran lebih relevan dan siswa lebih bertanggung jawab. Bahasan ini menguraikan manfaat dari pembelajaran kooperatif dalam hal dampaknya terhadap motivasi.
Pedoman umum untuk kelas motivasi (misalnya, Forsyth dan McMillan, 1994) menyarankan penekanan pada hal menantang, melibatkan, kegiatan informatif dan pembangunan antusiasme dan rasa tanggungjawab dalam diri peserta didik. Oleh karenanya ditawarkan strategi pembelajaran seperti pembelajaran kooperatif yang  banyak potensi bermanfaat untuk peserta didik (Panits, 1998)
Definisi pembelajaran kooperatif adalah sebagai strategi motivasi yang mencakup semua situasi belajar, dimana siswa bekerja dalam kelompok untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan saling bergantung untuk berhasil mencapai tujuan. Forsyth sebuah McMillan (1994) menekankan motivasi intrinsik sebagai elemen kunci dalam mengajar dan belajar, seperti halnya Wlodowski, inklusi, melahirkan kompetensi, dan meningkatkan makna dalam diri siswa yang beragam. Bagaimana pembelajaran kooperatif menjadi motivator positif untuk populasi siswa yang beragam? Bahasan ini mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut.
1.    Mengembangkan sikap: membuat disposisi yang menguntungkan terhadap pengalaman belajar melalui relevansi pribadi dan pilihan
Manfaat utama dari pembelajaran kooperatif adalah bahwa siswa meningkatkan harga diri yang pada gilirannya memotivasi siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran (Johnson & Johnson 1989). Upaya kerja sama antara siswa dapat meningkatkan prestasi yang lebih tinggi oleh semua peserta (Slavin 1987). Siswa saling membantu, dengan demikian membangun sebuah komunitas yang mendukung, yang kemudia  dapat meningkatkan kinerja masing-masing anggota (Kagan 1986). Hal ini pada gilirannya meningkatkan harga diri yang lebih tinggi di semua siswa (Webb 1982).
Kerjasama dapat meningkatkan kepuasan siswa melalui pengalaman belajar yang secara aktif melibatkan siswa dalam merancang dan menyelesaikan prosedur kelas dan isi pelajaran (Johnson & Jonhson 1990). Sering didefinisikan oleh kelompok bahwa tim atau kelompok yang efektif itu terlibat dalam suatu proses dan hasilnya itu ketika individu didorong untuk bekerja bersama mencapai tujuan bersama,. Aspek ini sangat membantu bagi individu yang memiliki sejarah atau kegagalan (Turnure & Zigler 1958)
Pembelajaran kooperatif mendorong penguasaan sambil menerima informasi secara pasif dari seorang ahli luar yang sering dipromosikan sebagai rasa tidak berdaya dan ketergantungan pada yang lain untuk mencapai konsep-konsep. Dalam sebuah kelas kuliah umum menekankan pada kegiatan mengajar, hanya ada sedikit waktu untuk refleksi dan diskusi apa dan bagaimana kesalahan siswa atau ketidakpahaman siswa. Dengan paradigma pembelajaran kooperatif siswa belajar dengan terus membahas, berdebat dan mengklarifikasi pemahaman mereka akan konsep tersebut.
Pembelajaran kooperatif mengurangi kecemasan yang diciptakan oleh situasi kelas yang baru dan asing yang dihadapi oleh siswa (Kessler, Pangeran & Wortman 1985). Dalam kelas tradisional ketika seorang guru menyerukan kepada siswa dengan memanggil atau menunjuk satu orang saja, siswa yang bersangkutan akan menjadi fokus perhatian seluruh kelas. Setiap kesalahan atau jawaban yang salah menjadi subyek pengawasan oleh seluruh kelas. Sebaliknya, dalam situasi pembelajaran kooperatif, ketika siswa bekerja dalam kelompok, fokus perhatian tersebar di antara kelompok. Selain itu, kelompok ini menghasilkan produk yang anggotanya dapat meninjau ulang sebelum mempresentasikan ke seluruh kelas, sehingga mengurangi kesalahan akan terjadi pada semua anggota (Slavin & Karweit 1981). Ketika terjadi kesalahan, menjadi alat pengajaran bukan kritik publik dari seluruh siswa.
Uji kecemasan berkurang secara signifikan (Johnson & Johnson 1989). Pembelajaran kooperatif memberikan banyak kesempatan bagi bentuk-bentuk alternatif dari penilaian siswa (Panitz & Panitz, 1996). Situasi ini menyebabkan penurunan tes kecemasan karena siswa melihat guru mengevaluasi bagaimana teman-temannya berpikir serta apa yang temannya ketahui. Melalui interaksi dengan siswa dalam kelas masing-masing, guru juga memperoleh pemahaman yang baik terhadap gaya belajar masing-masing siswa dan bagaimana siswanya melakukan. Guru juga memiliki kesempatan memberikan bimbingan tambahan dan konseling bagi siswa.
Pembelajaran kooperatif mengembangkan sikap siswa-guru yang positif (Johnson & Johnson 1989). Tingkat keterlibatan semua peserta dalam sistem koperasi sangat intens dan pribadi. Guru belajar tentang perilaku siswa karena siswa memiliki banyak kesempatan untuk menjelaskan tindakan mereka dan pemikiran untuk guru. Jalur komunikasi terbuka dan mendorong secara aktif. Guru memiliki lebih banyak kesempatan untuk menjelaskan mengapa kebijakan ditetapkan dan sistem memungkinkan siswa untuk memiliki input lebih dalam menetapkan kebijakan dan prosedur kelas. Pemberdayaan diciptakan oleh interaksi interpersonal yang banyak mengarah pada sikap yang sangat positif oleh semua pihak yang terlibat.
Pembelajaran kooperatif merupakan suatu set harapan tinggi bagi siswa dan guru (Panitz & Panitz 1998). Menjadikan siswa bertanggung jawab untuk belajar sendiri-sendiri dan bagi rekan-rekan dan mengandaikan bahwa seseorang memiliki kemampuan untuk bertanggung jawab. Dengan menetapkan tujuan yang diperoleh untuk kelompok dan dengan memfasilitasi interaksi kelompok, guru menetapkan ekspektasi tinggi yang menjadi pemenuhan diri sebagai mahasiswa program master pendekatan kooperatif, belajar bagaimana bekerja sama dengan baik dalam tim, dan menunjukkan kemampuan mereka melalui berbagai metode penilaian.
Pembelajaran kooperatif menetapkan inklusi, menciptakan suasana belajar di mana peserta didik merasa dihormati dan terhubung satu sama lain. Pembelajaran kooperatif menciptakan sistem dukungan sosial yang kuat (Cohen & Willis 1985). Teknik pembelajaran kooperatif siswa menggunakan pengalaman-pengalaman sosial seperti latihan pemanasan dan membangun kegiatan kelompok untuk mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Guru memainkan peran yang sangat aktif dalam memfasilitasi proses dan berinteraksi dengan siswa setiap saat bergerak di sekitar kelas dan mengawai siswa berinteraksi (Cooper et al 1985). Guru dapat mengajukan pertanyaan terhadap individu atau kelompok-kelompok kecil untuk membantu memberikan saran pada siswa atau menjelaskan konsep. Selain itu, pembelajaran kooperatif juga menimbulkan kecenderungan secara alami pada siswa untuk bersosialisasi dengan siswa lain pada tingkat profesional. Siswa sering menyebutkan sambil lalu bahwa mereka mengalami kesulitan di luar kelas berkaitan dengan pekerjaan, keluarga, teman, dll .Keterbukaan seperti ini dapat menyebabkan siswa mendiskusikan masalah mereka kepada guru dan siswa dalam cara tidak mengancam karena situasi yang informalitas, dan dukungan tambahan dari unit layanan mahasiswa lainnya di daerah tersebut dapat menjadi produk bermanfaat (Kessler & McCleod, 1985)
2.    Pembelajaran Kooperatif mengembangkan keterampilan interaksi sosial siswa
Komponen utama pembelajaran diuraikan oleh Johnson, Johnson dan Holubec (1984) termasuk pelatihan dalam keterampilan sosial siswa yang dibutuhkan untuk bekerja sama. Dalam masyarakat kita dan kerangka pendidikan saat ini, persaingan dinilai dari kerjasama. Dengan meminta anggota kelompok untuk mengidentifikasi apa perilaku membantu mereka dalam bekerja sama dan dengan meminta individu untuk merefleksikan kontribusi mereka terhadap keberhasilan atau kegagalan suatu kelompok, siswa dibuat sadar akan kebutuhan untuk sehat, positif, interaksi membantu (Panitz 1996;. Cohen & Cohen 1991)
Menurut Kessler dan McLeod (1985 halaman 219) “Pembelajaran kooperatif meningkatkan respon sosial yang positif … mengurangi kekerasan dalam pengaturan apapun .. menghilangkan rasa takut dan menyalahkan, dan meningkatkan kepercayaan diri, keramahan, dan dari konsensus (kesepakatan). Proses sama pentingnya dengan isi dan tujuan. Pembelajaran kooperatif membutuhkan waktu untuk menguasai, dan fasilitator yang telah melakukan pekerjaan pribadi yang memungkinkan pembagian kekuasaan, pelayanan kepada peserta didik, dan pembelajaran secara natural, menemukan sukacita pembelajaran kooperatif. “
Sherman (1991) melakukan pengamatan, “buku-buku psikologi sosial kebanyakan teksnya berisi diskusi yang cukup tentang konflik dan itu merupakan resolusi dan/atau pengurangan. Hampir semua buku-buku teks psikologi pengantar pendidikan sekarang berisi diskusi diperpanjang tentang pedagogies efektif untuk meningkatkan hubungan rasial, kepercayaan diri, dan prestasi akademik (Messick & Mackie, 1989) “
Pembelajaran kooperatif mendorong interaksi siswa di semua tingkat (Webb 1982). Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika siswa berkemampuan tinggi bekerja dengan siswa dari kemampuan yang lebih rendah, manfaat pertama dengan menjelaskan atau menunjukkan dan manfaat kedua dengan melihat pendekatan untuk pemecahan masalah dimodelkan oleh peer (Johnson & Johnson 1985, Swing, Peterson 1982: Hooper & Hannafin, 1988). Pemanasan dan pembangunan kegiatan kelompok membantu siswa untuk memahami perbedaan mereka dan mereka pun belajar bagaimana untuk memanfaatkan diri mereka sendiri daripada menggunakannya sebagai dasar untuk pertentangan.
Pembelajaran kooperatif membantu kelompok mayoritas dan minoritas di kelas belajar untuk bekerja antara satu sama lain (Felder 1997, Johnson & Johnson 1972, Slavin 1980). Karena siswa aktif terlibat dalam mengeksplorasi isu-isu dan berinteraksi satu sama lain secara teratur dalam mode dipandu, mereka mampu memahami perbedaan mereka dan belajar bagaimana untuk menyelesaikan masalah sosial yang mungkin timbul (Johnson & Johnson 1985). Pelatihan siswa dalam resolusi konflik merupakan komponen utama pembelajaran pelatihan (Aronson 1978; Slavin 1987).
Pembelajaran kooperatif membentuk suasana kerjasama dan membantu sekolah (Deutsch 1975). Pembelajaran kooperatif memfokuskan perhatian pada prestasi kelompok maupun individu. Kerja tim adalah modus operandi dan mendorong kerja sama antar-kelompok. Bahkan ketika kompetisi kelompok digunakan (Slavin 1987), tujuannya adalah untuk membantu menciptakan lingkungan yang positif, siswa diajarkan bagaimana untuk mengkritik ide-ide, bukan orang yang punya ide (Johnson, Johnson & Holubec 1984). Sebuah fungsi dari pembelajaran kooperatif adalah untuk membantu siswa menyelesaikan perbedaan secara damai. Mereka perlu diajarkan bagaimana untuk menantang ide-ide dan untuk mempertahankan posisi mereka tanpa pernyataan personalisasi mereka. Di kelas kooperatif, siswa dapat diberikan peran dalam rangka membangun saling ketergantungan  dalam kelompok-kelompok. Peran-peran ini sering menjadi jenis teori motivasi masyarakat dan telah menunjukkan atau membuktikan bahwa penerapan secara langsung di dalam kelas dengan kelompok kecil yang memecahkan masalah dalam kehidupan siswa akan meningkatkan motivasi untuk belajar (Wlodowski 1985)
Pembelajaran kooperatif sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan siswa perempuan dan untuk mendapatkan atau menarik minat siswa laki-laki digunakan siswa perempuan untuk membantu dalam situasi tertekan (Bean 1996). Manfaat ini penting terutama dalam kelas matematika di mana pria umumnya mendominasi diskusi kelas dan presentasi. Johnson (1990, halaman 121) menunjukkan bahwa, “siswa cenderung menyukai dan menikmati matematika, lebih banyak dan lebih intrinsik termotivasi untuk belajar ketika lebih banyak belajar dengan hal yang sama dengan terus-menerus dilakukan”. Pembelajaran kooperatif juga membantu untuk mengembangkan komunitas belajar dalam kelas dan institusi (Tinto 1997). Masyarakat dan banyak perguruan tinggi empat-tahun terutama perguruan tinggi sekolah komputer. Siswa tidak menetap di kampus untuk kegiatan ekstrakurikuler atau sosial. Banyak siswa yang memiliki pekerjaan dan/atau tekanan keluarga yang juga membatasi kemampuan mereka untuk berpartisipasi dalam kehidupan kampus. Sehingga turun ke tangan guru kelas untuk menciptakan suasana masyarakat dalam kampus. Pembahasan sebelumnya manfaat sosial dari belajar kooperatif adalah bahwa menciptakan sebuah komunitas pelajar mudah dicapai dengan menggunakan teknik pembelajaran kooperatif. Ada manfaat yang signifikan untuk belajar bekerja sama yang tidak selalu jelas karena ini terjadi di luar kelas. Jika kelompok bekerja sama cukup lama selama kursus, orang-orang di dalamnya akan saling mengenal dan memperluas kegiatan mereka di luar kelas. Siswa akan bertukar nomor telepon dan kontak satu sama lain untuk mendapatkan bantuan dengan pertanyaan atau masalah
3.    Melahirkan kompetensi: menciptakan pemahaman bahwa peserta didik yang efektif dalam belajar sesuatu yang mereka nilai
Pembelajaran kooperatif mengembangkan keterampilan berpikir tingkat yang lebih tinggi (Webb 1982). Siswa terlibat dalam proses belajar, bukan pasif mendengarkan guru. Pasangan siswa (diikuti oleh tiga orang dan kelompok lebih besar) bekerja bersama-sama mewakili kelompok merupakan kerja sama paling afektif dari interaksi (Schwartz, hitam, aneh 1991) ketika siswa bekerja berpasangan satu orang yang mendengarkan sementara mitra lainnya membahas pertanyaan penyelidikan. Keduanya mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang bernilai dengan merumuskan ide-ide mereka, mendiskusikan, menerima umpan balik dan menanggapi pertanyaan dan komentar (Jhons, DW 1971; Peterson & swing 1985). Aspek pembelajaran kooperatif tidak menghalangi diskusi seluruh kelas. Pada kenyataannya diskusi seluruh kelas ditingkatkan dengan siswa berpikir di luar dan mendiskusikan ide-ide secara menyeluruh sebelum seluruh kelas membahas konsep ide. Selain itu guru sementara dapat bergabung dengan diskusi kelompok-kelompok lain untuk ide pertanyaan atau statments (pernyataan) yang dibuat oleh anggota kelompok atau untuk memperjelas konsep atau pertanyaan yang diajukan oleh siswa.
Pembelajaran kooperatif mendorong tingkat kinerja yang lebih tinggi (Bligh 19720). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan retensi informasi dan minat dalam meningkatkan materi pelajaran (Kulick 1979). Hal ini menciptakan siklus kinerja positif yang baik dalam membangun kepercayaan diri yang lebih tinggi yang pada gilirannya menyebabkan minat lebih dalam terhadap materi pelajaran dan kinerja yang lebih baik (Keller, 1983) para siswa berbagi kesuksesan mereka dengan kelompok mereka, sehingga keduanya baik individu maupun kelompok meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri.
Membangun keterampilan dan praktek dapat ditingkatkan dan diciptakan kurang membosankan melalui kegiatan pembelajraan kooperatif yang digunakan baik dalam dan luar kelas (Tannerberg 1995) Dalam rangka untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, siswa perlu dasar informasi untuk bekerja. Memperoleh dasar ini sering membutuhkan beberapa derajat pekerjaan pengulangan dan memori. Ketika ini dilakukan secara individual, menyelesaian proces dapat menjemukan atau luar biasa. Ketika siswa bekerja sama proses belajar menjadi menarik dan menyenangkan meskipun sifat berulang dari proses pembelajaran. Male (1990) misalnya, telah mendokumentasikan dampak positif dari pembelajaran kooperatif dalam praktek menggunakan komputer.
Pembelajaran kooperatif mengembangkan keterampilan siswa komunikasi secara lisan (Yanger, Jhonson dan Jhonson 1985). Ketika siswa bekerja berpasangan salah satu pasangan menyampaikan idenya sementara yang lain mendengarkan, mengajukan pertanyaan atau komentar atas apa yang telah didengar. Klarifikasi dan penjelasan dari satu ide dan ide lainnya adalah bagian yang sangat penting dari proses kooperatif dan membutuhkan keterampilan berpikir yang lebih tinggi (Jhonson, Jhonson, Roy, zaidam 1985). Siswa yang menjadi tutor harus mengembangkan ide yang jelas dari konsep yang mereka sajikan dan berkomunikasi secaran lisan kepada pasangan mereka (Neer 1987)
4.    Meningkatkan makna; menciptakan menantang, pengalaman belajar bijaksana yang mencakup nilai-nilai dan perspektif peserta didik dan memberikan kontribusi ke masyarakat yang adil
Fokus pembelajaran kooperatif adalah untuk secara aktif melibatkan siswa dalam proses pembelajaran (Slavin 1980). Setiap kali dua atau lebih siswa berusaha untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan dan mereka menjadi terlibat dalam proses pembelajaran eksplorasi. Upaya promotif interaksi, prinsip dasar dari pembelajaran kooperatif, membangun rasa tanggung jawab siswa untuk diri mereka sendiri dan anggota kelompok mereka dan berpikir ketergantungan pada bakat satu sama lain, dan proses penilaian pembelajaran kooperatif pada penghargaan baik individu dan kelompok sehingga memperkuat ketergantungan ini (Baird & Putih 1984 ).
Selama proses kooperatif, siswa dapat terlibat dalam mengembangkan prosedur kurikulum dan kelas (Kort 1992). Mereka sering diminta untuk menilai diri sendiri, kelompok mereka, dan prosedur kelas (Meier & Panitz 1996). Guru dapat mengambil keuntungan dari masukan formatif tanpa harus menunggu hasil ujian atau evaluasi saja. Siswa yang berpartisipasi dalam penataan kelas menganggap kepemilikan dari proses dan pendapat mereka serta diberikan pengamatan kredibilitas. Pembelajaran koopratif membantu siswa menyapih diri dari guru mempertimbangkan sebagai sumber tunggal pengetahuan dan pemahaman (Felder 1997).
Fokus utama dalam pembelajaran kooperatif adalah proses belajar dan mereka berarti kelompok dengan fungsi individual yang independen dan dalam. Tingginya tingkat interaksi dan saling ketergantungan antara anggota kelompok mengarah ke “dalam” daripada belajar “permukaan” (Entwistle dan Tait, 1994), dan lebih menekankan pada pembelajaran yang lebih tinggi. Pembelajaran kooperatif adalah terpusat pada siswa, menyebabkan penekanan pada belajar serta mengajar dan untuk kepemilikan lebih dari tanggung jawab siswa untuk belajar itu. Sebaliknya, paradigma pengajaran lainnya terdiri dari usaha siswa, pengujian kompetitif untuk menilai kompetensi dan hirarki penilaian berdasarkan “orientasi nilai” bukan “orientasi belajar” (Lowman, 1987).
Siswa yang mengembangkan hubungan pribadi yang profesional dengan guru dengan mengenal mereka, dan yang bekerja pada proyek-proyek di luar kelas, mencapai hasil yang lebih baik dan cenderung untuk tetap bersekolah (Cooper 1994, Hagman & hayes 1986). Guru yang mengenal siswa mereka dan memahami gaya belajar mereka dan masalah siswa, sering bisa menemukan cara untuk mengatasi masalah tersebut dan siswa terinspiratif (Janke 1980). Menurut (Felder, 1997) diperoleh manfaat tambahan untuk siswa di daerah perbaikan kelas, penyimpanan informasi, mentransfer informasi ke program lain dan disiplin, dan kehadiran di kelas ditingkatkan. Ada korelasi positif yang kuat antara kehadiran kelas dan keberhasilan dalam program (Johson dan Jhonson 1989) yang dapat membantu menjelaskan peningkatan kinerja.
Siswa yang secara aktif terlibat dalam proses belajar jauh lebih mungkin untuk tertarik untuk belajar dan membuat lebih banyaak upaya untuk menghadiri sekolah (Astin 1977). Sebuah kelas di mana siswa berinteraksi menumbuhkan lingkungan yang kondusif untuk motivasi siswa yang tinggi dan partisipasi dan mahasiswa pertemuan (Treisman 1983, 1992.
Pembelajaran kooperatif panggilan inheren untuk manajemen diri sendiri oleh siswa (Resnick 1987). Dalam rangka untuk berfungsi dalam kelompok, siswa dilatih untuk siap dengan tugas dan mereka harus memahami materi yang akan mereka memberikan kontribusi untuk kelompok mereka. Mereka juga diberi waktu untuk proses perilaku kelompok seperti memeriksa satu sama lain untuk membuat tugas pekerjaan rumah, memastikan tidak hanya selesai tetapi dipahami. Interaksi ini promotif membantu siswa teknik manajemen belajar mandiri.
Pembelajaraan kooperatif meningkatkan ketekunan siswa dan kemungkinan berhasil menyelesaikan tugas (Felder 1997). Ketika individu terjebak mereka lebih cenderung untuk menyerah, namun kelompok jauh lebih mungkin untuk menemukan cara untuk terus berjalan. Konsep ini diperkuat oleh Johnsons (1990 p121) yang menyatakan, “Dalam situasi belajar, sasaran prestasi siswa berkorelasi positif, siswa dalam kelompok belajar juga mencapai tujuan mereka. Dengan demikian, siswa mencari hasil yang bermanfaat bagi semua orang dengan siapa mereka terkait bekerja sama”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar