Senin, 09 Februari 2015

jenis soal sesuai tingkat kesulitan

1. Ingatan ( C1 )
Soal ingatan digunakan untuk mengukur penguasaan materi yang berupa fakta, istilah, defenisi, klasifikasi atau kategori, urutan maupun kriteria. Soal ingatan jawabannya dengan mudah dapat ditemukan dalam buku atau catatan.
Contoh:
Pernyataan Hukum Keppler I adalah;…
Hari Bumi secara internasional diperingati setiap tanggal;…

2. Pemahaman ( C2 )
Untuk soal pemahaman, peserta didik dituntut hafal dengan sebuah pengertian lalu bisa menjelaskan dengan kalimat sendiri atau hafal 2 pengertian atau lebih lalu bisa memahami dan menyebutkan hubungannya.Intinya, peserta didik disamping mengingat juga berfikir.
Contoh:
Foto udara lebih rinci disbanding citra satelit
Sebab
Skala foto udara lebih besar dari skala citra satelit
3. Aplikasi ( C3 )
Soal aplikasi digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik untuk mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah sehari-hari atau masalah yang dibuat oleh pembuat soal. Kata-kata yang digunakan/kemampuan yang dituntut adalah mengubah, mendemontrasikan, menemukan, memanipulasi, memodifikasi, menghubungkan, menghitung dan lain-lain.
Contoh:
Jika landasan BIM di peta 2,5 cm, skala peta 1:100.000. berapakah panjang landasan BIM sebenarnya?
4. Analisis ( C4 )
Soal analisis biasanya dimulai dengan kasus atau pernyataan yang dibuat sendiri oleh pembuat soal. Kata-kata yang digunakan atau kemampuan yang dituntut antara lain memerinci, membedakan, menyimpulkan, membagi, memisahkan.
Contoh:
Berikut ini yang merupakan factor-faktor yang mempengaruhi radiasi matahari adalah;…
5. Sintesis ( C5 )
Soal biasanya juga dimulai dengan sebuah kasus. Kasus yang dibuat dalam soal analisis juga bisa digunakan dalam soal tingkatan sintesis.
6. Evaluasi ( C6 )
Soal evaluasi adalah soal didahului oleh kasus dan peserta didik menela’ah kasus tersebut berdasarkan hukum, dalil, prinsip kemudian mengadakan penilaian baik atau tidak didasarkan atas benar salah. Soal evaluasi dominan dalam bentuk esai.
Contoh:
Bagaimanakah kondisi morfologi lembah anai?dan jelaskan tingkat potensi longsor di daerah tersebut

Jenjang ini meliputi kemampuan menyatakan kembali fakta, konsep, prinsip, prosedur yang telah dipelajari oleh siswa.
Indikator Kalimat Operasional sesuai tingkat kesulitan soal :
c1 ( Ingatan )
- menyebutkan
- menunjukkan
- mengenal
- mengingat kembali
- mengidentifikasi
- mendefinisikan
c2 ( pemahaman )
- membedakan
- mengubah
- mempersiapkan
- mendemonstrasikan
- memberi contoh
- memperkirakan
- menentukan
- mengidentifikasi
c3 ( aplikasi )
- menggunakan
- menerapkan
- menghubungkan
- menggeneralisasikan
- memilih
- mengembangkan
- mengorganisasikan
- memindahkan
- menyusun
- mengklasifikasikan
c4 ( analisis )
- membedakan
- menemukan
- mengklasifikasikan
- mengkategorikan
- menganalisis
- membandingkan
c5 ( sintesis )
- menghubungkan
- menghasilkan
- mengkhususkan
- mengembangkan
- menggabungkan
- mengorganisasikan
- menyintesis
- mengklasifikasikan
- menyimpulkan
c6 ( evaluasi )
- menafsirkan
- menilai
- menentukan
- membandingkan
- membakukan
- memutuskan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar