Kesesuaian
dengan Tujuan (instructionagoals). Perlu di kaji tujuan pembelajaran apa
yang ingin dicapai dalam suatu kegiatan
pembelajaran. Dari kajian Tujuan Instruksional Umum (TIU)
atau Tujuan Instruksional Khusus (TIK) ini bisa
dianalisis media apa yang cocok guna mencapai tujuan tersebut.
Kesesuaian
dengan materi pembelajaran (instructional content), yaitu bahan atau kajian
apa yang akan diajarkan pada program
pembelajaran tersebut. Pertimbangan lainnya, dari bahan
atau pokok bahasan tersebut sampai sejauhmana kedalaman yang
harus dicapai, dengan demikian kita bisa mempertimbangkan
media apa yang sesuai untuk penyampaian bahan tersebut.
Kesesuaian
dengan Karakteristik Pebelajar atau siswa. Dalam hal ini media haruslah familiar dengan
karakteristik siswa/guru. Yaitu mengkaji
sifat-sifat dan cirri media yang akan digunakan. Hal
lainnya karakteristik siswa, baik secara kuantitatif (jumlah) ataupun
kualitatif (kualitas, ciri, dan kebiasaan lain) dari siswa terhadap
media yang akan digunakan. Terdapat media yang
cocok untuk sekelompok siswa, namun tidak
cocok untuk siswa yang lain.
Kesesuaian
dengan teori.Pemilihan media
harus didasarkan atas kesesuaian dengan teori. Media
yang dipilih bukan karena fanatisme guru terhadap suatu media yang dianggap
paling disukai dan paing bagus, namun didasarkan atas teori yang di angkat dari
penelitian dan riset sehingga telah teruji validitasnya.
Kesesuaian
dengan gaya belajar siswa.
Kriteria ini didasarkan atas kondisi psikologis siswa, bahwa siswa
belajar dipengaruhi pula oleh gaya belajar siswa.
Kesesuaian
dengan kondisi lingkungan, fasilitas pendukung, dan waktu
yang tersedia. Bagaimana
bagusnya sebuah media, apabila tidak didukung oleh fasilitas dan waktu yang
tersedia, maka kurang efektif. Misalnya guru IPA merencanakan untuk mengadakan
pembelajaran dengan memanfaatkan TV Edu, tentu saja guru tersebut harus
mengalokasikan waktu yang tepat sesuai dengan jam tayang dalam TV edu
tersebut.
Sejumlah kriteria khusus lainnya dalam memilih
media pembelajaran yang tepat dapat kita rumuskan dalam satu kata ACTION
yaitu :
ACCSES, kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama
dalam pemilihan media.
COST, biaya juga harus dipertimbangkan .
TECHNOLOGY, apakah ada listrik atau voltage listrik.
INTERACTIVITY, media yang baik adalah yang mampu
menghasilkan hubungan timbal balik.
ORGANIZATION
NOVELTY, kebaruan dari media yang dipilih juga harus
menjadi pertimbangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar