Senin, 29 Desember 2014

Manfaat Kurikulum

Manfaat kurikulum yaitu : 

1. Manfaat kurikulum bagi guru

a. Kurikulum sebagai pedoman bagi guru dalam merancang, malaksanakan, dan menilai    kegiatan pembelajaran.
b. Membantu guru untuk memperbaiki situasi belajar.
c. Membantu guru menunjang situasi belajar ke arah yang lebih baik.
d. Membantu guru dalam mengadakan evaluasi kemajuan kegiatan belajar mengajar.
e. Memberikan pengertian dan pemahaman yang baik bagi guru untuk menjalankan tugas sebagai pengajar yang baik di kelas.
f.  Mendorong guru untuk lebih kreatif dalam penyelenggaraan program pendidikan.

2. Manfaat kurikulum bagi sekolah

a.  Kurikulum dijadikan sebagai alat untuk mencapai suatu tujuanpendidikan, baik itu dalam tujuan nasional, institusional, kurikuler, maupun dalam tujuan instruksional. Dengan adanya suatu kurikulum maka tujuan-tujuan pendidikan yang diinginkan oleh sekolah tertentu dapat tercapai.
b. Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan (KTSP).
c. Memberi peluang yang lebih luas kepada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan (KTSP).

3. Manfaat kurikulum bagi masyarakat

a.  Sebagai acuan untuk berpartisipasi dalam membimbing putra/putrinya di sekolah (dalam hal ini orang tua sebagai bagian dari masyarakat).
b.  Dengan mengetahui suatu kurikulum sekolah, masyarakat dapat berpartisipasi dalam rangka memperlancar program pendidikan, serta dapat memberikan kritik dan saran yang membangun dalam penyempurnaan program pendidikan di sekolah.
                                                                                                                                               
4. Manfaat kurikulum bagi OrangTua

Bagi orang tua, kurikulum bermanfaat sebagai bentukadanya partisipasi orang tua dalam membantu usaha sekolah dalam memajukanputra putrinya. Bantuan yang dimaksud  dapat berupa konsultasi langsungdengan sekolah/guru  mengenai masalah-masalah menyangkut anak-anakmereka. Bantuan berupa materi dari orang tua anak dapat melalui lembaga BP-3. Dengan membaca dan memahami kurikulum sekolah, para orang tua dapatmengetahui pengalaman belajar yang diperlukan anak-anak mereka, sehinggapartisipasi orang tua ini pun tidak kalah pentingnya dalam menyukseskan proses belajar mengajar disekolah.

5  Manfaat kurikulum bagi Siswa itu sendiri

Keberadaan kurikulum sebagai organisasi belajar  tersusunmerupakan suatu persiapan bagi anak didik. Anak didik diharapkanmendapatkan sejumlah pengalaman baru yang dikemudian hari dapatdikembangkan seirama dengan perkembangan anak, agar dapat memenuhibekal hidupnya nanti. Kalau kita kaitkan dengan pendidikan Islam, pendidikanmestinya diorientasikan kepada kepentingan peserta didik, dan perlu diberibekal  pengetahuan untuk hidup pada zamannya kelak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar