Dengan melaksanakan kegiatan PTK akan
diperoleh beberapa manfaat bagi guru, antara lain:
1.Laporan tertulis kegiatan PTK bisa dijadikan bukti fisik guru telah membuat karya tulis ilmiah. Karya ilmiah ini dapat digunakan guru untuk berbagai keperluan seperti kenaikan pangkat/golongan, mengikuti lomba guru berprestasi, lomba kreativitas guru, dan lain sebagaianya.
1.Laporan tertulis kegiatan PTK bisa dijadikan bukti fisik guru telah membuat karya tulis ilmiah. Karya ilmiah ini dapat digunakan guru untuk berbagai keperluan seperti kenaikan pangkat/golongan, mengikuti lomba guru berprestasi, lomba kreativitas guru, dan lain sebagaianya.
2.Guru terbiasa melaksanakan penelitian
secara mandiri untuk memecahkan persoalan pembelajaran yang dijalankannya. Pada
gilirannya nanti guru akan menjadi pemecah masalah pembelajaran yang handal
sehingga layak bergelar guru profesional.
3.Dapat memperbaiki kualitas proses maupun
hasil pembelajaran. Lazimnya, proses yang berkualitas akan mengantarkan guru
pada hasil yang berkualitas pula.
Selain itu Manfaat PT yang dilakukan di
sekolah antara lain adalah
Menumbuhkan kebiasaan menulis. Karena
terbiasa menulis , guru bisa memperoleh kesempatan untuk naik golongan bagi
PNS.
Berpikir analitis dan ilmiah. Karena
terbiasa mencari akar masalah dan mencoba mencari jalan keluar, maka seorang
guru akan terbiasa berpikir analitis dan ilmiah.
Menambah khasanah ilmu pendidikan, banyak
kesempatan untuk para guru untuk membaca dan mengembangkan wawasan.
Menumbuhkan semangat guru lain.
Mengembangkan pembelajaran, dengan PTK guru
mengembangkan keterampilan atau pendekatan baru pembelajaran dan penerapan di
ruang kelas.
Meningkatkan mutu sekolah secara
keseluruhan.
Manfaat lain dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru adalah :
a.Guru memiliki kemampuan memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu
kajian yang mendalam terhadap apa yang terjadi dikelasnya. Keberhasilan dalam
perbaikan ini akan menimbulkan rasa puas bagi guru, karena Ia telah melakukan
sesuatu yang bermanfaat bagi siswanya melalui proses pembelajaran yang
dikelolanya.
b.Dengan melakukan PTK, guru dapat berkembang dan meningkatkan kinerjanya secara
profesional, karena guru mampu menilai, merefleksi diri, dan mampu memperbaiki
pembelajaran yang dikelolanya. Dalam hal ini, guru tidak lagi hanya sebagai
seorang praktisi yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama
ini, namun juga sebagai peneliti dibidangnya yang selalu ingin melakukan
perbaikan-perbaikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
c.Melalui PTK, guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif dalam
mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sendiri. Guru tidak hanya menjadi
penerima hasil perbaikan dari orang lain, namun guru itu sendiri berperan
sebagai perancang dan pelaku perbaikan tersebut, sehingga diharapkan dapat
menghasilkan teori-teori dan praktik-praktik pembelajaran.
d.Dengan PTK, guru akan merasa lebih percaya diri. Guru yang selalu
merefleksi diri, melakukan evaluasi diri, dan menganalisis kinerjanya sendiri
di dalam kelas, tentu saja akan selalu menemukan kekuatan, kelemahan, dan
tantangan pembelajaran dan pendidikan masa depan, dan mengembangkan alternatif
pemecahan masalah / kelemahan yang ada pada dirinya dalam pembelajaran. Guru
yang demikian adalah guru yang memiliki kepercayaan diri yang kuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar