Minggu, 04 Januari 2015

Ciri Ciri Siswa Cerdas Pintar Bersikap Ilmiah

1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemampuan belajar yang besar

Biasanya rasa ingin tahu mereka sangan tinggi, contoh jika ada gejala alam, atau bencana, dll. yg ada di sekelilingnya. saya akan ambil contoh sbb "di sekolah seorang guru mengajarkan bahwa musim hujan itu dr bulan september sampai maret, dan setelah musim hujan akan datang musim kemarau dr bulan april sampai agustus." nah jika anak cerdas akan bertanya ini dan itu, misalnya beberapa pertanyaan: mengapa bulan segitu terjadi hujan ? ketika di tempat kita hujan apakah di tempat lain juga hujan ? dlll

2. Jujur
Seorang Anak yang pintar dan cerdas juga senantiasa bersikao jujur, baik itu dalam mengerjakan tugas dan di beri amanat. bahkan ciri-ciri anak yang cerdas itu tidak suka mencontek dan tidak berkata bohong dalam kehidupan sehari-harinya, baik di sekolah ataupun keluarga.

3. Terbuka
Mereka para anak didik yang mempunyai ciri anak calon ilmuan selalu terbuka, mereka selalu memamerkan penemuan barunya, ya meskipun kita menganggapnya itu hal biasa, tp tidak dengan anak-anak, makanya kita sebagai orang tua harus memberikan reward atau pengharagan, minimal pujian agar itu menjadi motiivasi buat anak-anak kita.

4. Optimis
Tidak cepat lelah, tidak cepat bosan, bahkan mereka mempunyai jiwa kreatif dan optimis dalam setiap bermainnya. seorang murid siswa atau anak didik yang di berikan tugas oleh gurunya akan selalu mencoba lagi ketika PR'a atau tugasnya itu salah, bukannya mengeluh dan bilang "Susah bu, capek bu," dll...

5. Toleran
Siswa yang sudah berhasil dalam mengerjakan tugasnya tidak akan somobong dan angkuh, bahkan mereka senantiasa akan membantu temannya untuk mengerjakan tugas, ini adalah satu sifat yang sangat baik di miliki oleh orang yg cerdas, agar mereka nantinya selalu mengayomi dan akan jadi guru teladan. intinya tidak akan mencemooh teman-teman mereka yang bodoh.

6. Pemberani
Tidak pemalu, tidak takut dan tidak gugup jika mereka di suruh kedepan untuk mengerjakan soal di papan tulis oleh gurunya, kebanyakan anak didik kita atau siswa murid bahkan mahasiaswa di universitas juga suka merasa malu, minder bahkan guru-guru juga waktu ikut PLPG suka gemetar dengkulnya jika sedang di uji coba, benar gak ??


Tidak ada komentar:

Posting Komentar