Mengacu kepada program pemerintah yang akan menerapkan sistem kurikulum 2013
yang pada saat ini (November 2013) masih dalam tahap sosialisasi, berikut
contoh raport siswa yang akan di pakai dalam kurikulum 2013 yang dalam
penerapanya akan mulai di laksanakan pada tahun 2014. Raport kurikulum
2013 tidak mengisi angka, tetapi penilaian dari guru berdasarkan nilai positif
dan saran dari guru.
Berikut
contoh raport kurikulum 2013
A. Sikap
|
Aspek
|
Deskripsi
|
|
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
Di isi oleh guru dalam kalaimat positif tentang apa yang menonjol terkait
kemampuan anak dalam tiap muatan pelajaran dan apa usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang di tetapkan pada kelas yang di ikutinya
|
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air
|
Di isi oleh guru dalam kalaimat positif tentang apa yang menonjol terkait
kemampuan anak dalam tiap muatan pelajaran dan apa usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang di tetapkan pada kelas yang di ikutinya
|
B. Pengetahuan
|
Aspek
|
Deskripsi
|
|
Mengingatdan memahami
pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
· dirinya,
· makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
· benda-benda lain di sekitarnya
|
Di isi oleh guru dalam kalaimat positif tentang apa yang menonjol terkait
kemampuan anak dalam tiap muatan pelajaran dan apa usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang di tetapkan pada kelas yang di ikutinya
|
C. Keterampilan
|
Aspek
|
Deskripsi
|
|
Menyajikan kemampuan
mengamati,menanya, dan mencoba dalam:
· bahasa yang jelas, logis dan sistematis
· karya yang estetis
· gerakan anak sehat
· tindakan anak beriman dan berakhlak mulia
|
Di isi oleh guru dalam kalaimat positif tentang apa yang menonjol terkait
kemampuan anak dalam tiap muatan pelajaran dan apa usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang di tetapkan pada kelas yang di ikutinya
|
D. KO KURIKULER DAN EKSTRA KURIKULER
|
No.
|
Kegiatan Ekstrakurikuler
|
Kegiatan yang pernah diikuti
|
|
1.
|
Pramuka
|
|
|
2.
|
………………………………
|
|
|
3.
|
. ………………………………
|
E. Saran-saran
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………..
|
Ketidakhadiran
|
|
Sakit
: ….......... hari
|
|
Izin
: …..........hari
|
|
Tanpa Keterangan : ….........hari
|
Mengetahui:
…………………………………………….
Orang
Tua/Wali, Guru
Kelas,
……………….
……………………………………..
NIP ………………………………..
Nama Peserta Didik
|
:
|
……………………………….
|
Kelas
|
:
|
………………
|
|
Nomor Induk
|
:
|
……………………………….
|
Semester
|
:
|
2 (dua)
|
|
Nama Sekolah
|
:
|
……………………………….
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
20.... / 20.......
|
|
Alamat Sekolah
|
:
|
…………………………………………………………………………….
|
|||
|
……………………………………………………………………………
|
|||||
A. Sikap
|
Aspek
|
Deskripsi
|
|
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
Di isi oleh guru dalam kalaimat positif tentang apa yang menonjol terkait
kemampuan anak dalam tiap muatan pelajaran dan apa usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang di tetapkan pada kelas yang di ikutinya
|
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air
|
Di isi oleh guru dalam kalaimat positif tentang apa yang menonjol terkait
kemampuan anak dalam tiap muatan pelajaran dan apa usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang di tetapkan pada kelas yang di ikutinya
|
B. Pengetahuan
|
Aspek
|
Deskripsi
|
|
Mengingatdan memahami
pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
· dirinya,
· makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
· benda-benda lain di sekitarnya
|
Di isi oleh guru dalam kalaimat positif tentang apa yang menonjol terkait
kemampuan anak dalam tiap muatan pelajaran dan apa usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang di tetapkan pada kelas yang di ikutinya
|
C. Keterampilan
|
Aspek
|
Deskripsi
|
|
Menyajikan kemampuan
mengamati,menanya, dan mencoba dalam:
· bahasa yang jelas, logis dan sistematis
· karya yang estetis
· gerakan anak sehat
· tindakan anak beriman dan berakhlak mulia
|
Di isi oleh guru dalam kalaimat positif tentang apa yang menonjol terkait
kemampuan anak dalam tiap muatan pelajaran dan apa usaha-usaha pengembangan
untuk mencapai kompetensi yang di tetapkan pada kelas yang di ikutinya
|
D. KOKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER
|
No.
|
KegiatanEkstrakurikuler
|
Keterangan
|
|
1.
|
Pramuka
|
|
|
2.
|
…………………………
|
|
|
3.
|
. …………………………
|
E. Saran-saran
………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
|
Ketidakhadiran
|
|
Sakit
: _____ hari
|
|
Izin
: _____ hari
|
|
Tanpa Keterangan : _____ hari
|
Mengetahui:
................,
...............................20......
Orang
Tua/Wali, Guru
Kelas,
________________________
NIP
......................................
F. Perkembangan
Fisik/Kesehatan
|
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Semester
|
|
|
1
|
2
|
||
|
1
|
Tinggi
|
….. cm
|
……cm
|
|
2
|
Berat Badan
|
…… kg
|
….…kg
|
G. Kondisi Kesehatan
|
No
|
Aspek Fisik
|
Keterangan
|
|
1.
|
Pendengaran
|
|
|
2.
|
Penglihatan
|
|
|
3.
|
Gigi
|
|
|
4.
|
Lainnya ……………….
|
H. Catatan Prestasi
|
No
|
Jenis Prestasi
|
Keterangan
|
KETERANGAN PINDAH
SEKOLAH
Nama Peserta Didik :
………………………………………………………………….
|
KELUAR
|
|||
|
Tanggal
|
Kelas yang
Ditinggalkan
|
Sebab-sebab Keluar atau atas permintaan (Tertulis)
|
Tanda Tangan Kepala Sekolah, Stempel Sekolah, dan Tanda Tangan Orang
Tua/Wali
|
|
__________, ___________
Kepala Sekolah,
NIP
Orang Tua/Wali,
|
|||
|
__________, ___________
Kepala Sekolah,
NIP
Orang Tua/Wali,
|
|||
|
__________, ___________
Kepala Sekolah,
NIP
Orang Tua/Wali,
|
|||
KETERANGAN PINDAH
SEKOLAH
Nama
Peserta Didik : ………………………………………………………………….
|
NO
|
MASUK
|
||
|
1.
|
Nama Peserta Didik
|
………………………………….
|
_______, ________
Kepala Sekolah,
NIP
|
|
Nomor Induk
|
………………………………….
|
||
|
Nama Sekolah
|
………………………………….
|
||
|
Masuk di Sekolah
ini:
a. Tanggal
|
………………………………….
|
||
|
b. Di Kelas
|
………………………………….
|
||
|
Tahun Pelajaran
|
………………………………….
|
||
|
2.
|
Nama Peserta Didik
|
………………………………….
|
_______, ________
Kepala Sekolah,
NIP
|
|
Nomor Induk
|
………………………………….
|
||
|
Nama Sekolah
|
………………………………….
|
||
|
Masuk di Sekolah
ini:
c. Tanggal
|
………………………………….
|
||
|
d. Di Kelas
|
………………………………….
|
||
|
Tahun Pelajaran
|
………………………………….
|
||
|
3.
|
Nama Peserta Didik
|
………………………………….
|
_______, ________
Kepala Sekolah,
NIP
|
|
Nomor Induk
|
………………………………….
|
||
|
Nama Sekolah
|
………………………………….
|
||
|
Masuk di Sekolah
ini:
a. Tanggal
|
………………………………….
|
||
|
b. Di Kelas
|
………………………………….
|
||
|
Tahun Pelajaran
|
………………………………….
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar